Keputusan No. 10

18 Dec 2010

ciputra-6

Membuat Strategi FOKUS dan membangun Perusahaan untuk menjadi MNC (Multi National Corporation)

Menjelang akhir masa krisis ekonomi ini kembali Dr. Ir. Ciputra menetapkan sebuah keputusan strategis yang sangat penting yaitu FOKUS pada bisnis PROPERTI dan melakukan pengembangan bisnis ke KOTA-KOTA BESAR di luar P Jawa dan di luar negeri, Apakah artinya…? Ini berarti Dr. Ir. Ciputra tidak lagi melakukan strategi konglomerasi atau masuk ke berbagai ragam bisnis tapi sekarang benar-benar hanya fokus pada bisnis properti terutama membangun kota-kota baru dan proyek-proyek komersial yang berada di banyak lokasi kota besar dan negara, baik dalam dan terutama di negara-negara Asia.

Ia sangat membatasi keterlibatannya di bisnis-bisnis lain di luar properti. Ia ingin sangat fokus dalam bidang properti namun berada dimana-mana. Sama seperti yang dilakukan perusahaan manca negara/multi national Mc Donald’s dan KFC. Produk bisnis mereka terbatas di makanan cepat saji namun mereka ada dimana-mana. Untuk itu Dr. Ir. Ciputra aktif memberikan arahan untuk visi, misi, strategis baru di perusahaan-perusahaan yang didirikannya. Ia gemar memberikan motivasi, bimbingan, konsultasi dan juga panduan kemana saja perusahaan perlu dikembangkan di dalam negeri dan juga di luar negeri.

Sedangkan untuk pelaksanaan visi perusahaan Dr. Ir. Ciputra telah memiliki para penerus dan eksekutif bisnis yang telah dipilih dan dibinanya. Mereka adalah para manajer profesional yang memiliki semangat entrepreneurship namun memutuskan untuk membangun karir dalam sebuah perusahaan bisnis yang dinamis. Kerap pofesional seperti ini disebut sebagai intrapreneur mereka menjadi karyawan namun rajin menggagas ide inovatif, berani bekerja keras, memiliki integritas bekerja pada perusahaan seakan-akan perusahaan itu milik mereka sendiri. Sesunguhnya semangat dan ketrampilan entrepreneurship tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang ingin jadi pengusaha namun juga oleh mereka yang ingin berkarir sukses dalam dunia bisnis. Sebuah perusahaan bisnis yang hebat membutuhkan lebih dari satu orang dengan semangat entrepreneur. Mereka dapat menjadi pemilik atau juga pimpinan-pimpinan puncak dalam organisasi.

Ini adalah sebuah visi ke masa depan yang baru. Apakah ini kelak akan terbukti sukses atau tidak sukses belum dapat dijawab di masa sekarang, Kelak sejarah lah yang akan memberikan penilaiannya. Namun satu hal yang sangat jelas adalah semangat Dr. Ir. Ciputra terus membara untuk membangun kelompok bisnis properti dalam lingkup pengaruhnya (Jaya Group, Metropolitan Group dan Ciputra Group) menjadi perusahaan unggul dalam bidang properti baik di Indonesia maupun di manca negara. Barangkali ia teringat apa yang pernah dikatakan oleh Winston Churchill, mantan Perdana Menteri Inggris yang legendaris:”Jangan, jangan, jangan, jangan pernah menyerah…”

3 PELAJARAN YANG DAPAT DIPETIK

  1. Perubahan merupakan fakta kehidupan yang tidak dapat kita sangkal atau hindari
  2. Hadapi perubahan dan kelola ancaman perubahan menjadi peluang masa depan.
  3. Berubahlah mulai dari diri sendiri dan jangan pernah menyerah


TAGS


-

Author

Follow Me