Bandung

20 Dec 2010

logo-bandung

Kota Bandung merupakan kota kreatif dengan potensi sumber daya manusia kreatif terbesar. Sejak dulu Bandung telah dikenal sebagai pusat tekstil, mode, seni, dan budaya dengan sebutan “Paris Van Java“. Kini Bandung juga dikenal sebagai kota pendidikan dan daerah tujuan wisata. Dengan terpilihnya Kota Bandung sebagai pilot project kota kreatif se-Asia Timur di Yokohama 2007 maka diciptakan slogan Bandung Creative City guna mendukung misi tersebut.

Beberapa upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung dalam pengembangan Industri Kreatif antara lain :

  1. Memfasilitasi pertemuan dengan komunitas kreatif, antara lain Bandung Creative City Forum (BCCF), Common Room maupun stakeholder lainnya.
  2. Memfasilitasi terselenggaranya Helar Fest yang merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh BCCF sebagai bagian dari strategi jangka panjang pengembangan platform ekonomi kreatif yang berkelanjutan di kota Bandung.
  3. Mengamanatkan pelaksanaan pembangunan ekonomi kreatif dalam dokumen perencanaan RPJP, RPJM dan RKPD Kota Bandung.
  4. Melakukan kajian dalam rangka persiapan penyusunan kebijakan, baik yang dilakukan melalui kerjasama dengan pihak ketiga (jasa konsultansi) maupun melalui Forum Pemasaran Kota dan Dewan Pengembangan Ekonomi (DPE) Kota Bandung.
  5. Kajian City Branding dan perencanaan landmark Kota Bandung yang dilakukan melalui Komisi Forum Pemasaran Kota.
  6. Kajian Investasi Bidang Pengembangan Industri Kreatif yang dilakukan melalui Kelompok Kerja DPE Kota Bandung.
  7. Pembangunan Taman Kreatif Kota (dibawah jembatan Pasupati).
  8. Pembangunan monumen Taman Cikapayang (Huruf DAGO raksasa).
  9. Rencana Pelaksanaan Helar Fest tahun 2009, Kota Bandung mengeluarkan dana hibah sebesar Rp 500 juta kepada BCCF.
  10. Fasilitasi dalam bidang promosi dan pemasaran melalui Dekranasda Kota Bandung, diantaranya pelaksanaan Pameran Kriya Pesona Bandung (KPB).
  11. Penyusunan konsep kegiatan pameran Industri Kreatif 2009.
  12. Persiapan kerjasama BHTC (persiapan MoU).
  13. Menyusun Konsep Penciri Kota pada gerbang masuk kota Bandung.

Bandung adalah salah satu kota yang cukup kondusif untuk mengembangkan industri kreatif. Masyarakat kota Bandung yang toleran terhadap ide-ide baru dan menghargai kebebasan individu menjadi modal utama Bandung dalam pengembangan industri kreatif. Selain itu, kota Bandung merupakan tempat yang sangat potensial untuk mensinergikan dan mengkolaborasikan perguruan tinggi, pelaku bisnis, masyarakat, pemerintah dan media dalam rangka menciptakan kultur ekonomi kreatif. Perkembangan ekonomi kreatif di kota Bandung menunjukan peningkatan yang cukup memuaskan. Sejauh ini,subsektor industri kreatif yang dapat dijadikan unggulan kota Bandung diantaranya yaitu musik, fashion, seni, desain, arsitektur, IT dan makanan (kuliner).

Subsektor Fesyen

Bandung adalah kota yang berhasil mengembangkan industri fashion. Bukti nyata atas perkembangan pesat industri fashion di kota Bandung adalah pesatnya pertumbuhan FO (factory outlet) dan Distro (distribution store) sebagai agen distribusi produk tekstil yang mengandalkan kreatifitas. Industri kreatif fashion sudah menjadi icon kota Banudng. Kekuatan utama industri kreatif adalah desain, keragaman bahan baku, kekhususan merek, dan keunikan produk. Keberhasilan creative fashion di Bandung tidak terlepas dari keberadaan industri tekstil dan keunikan pendistribusiannya yaitu FO dan Distro.

Subsektor Seni

Bandung merupakan salah satu kota seni di Indonesia. Insan-insan seni Bandung mampu menumbuhkan industri kreatif di bidang seni. Industri seni yang berkembang di kota Bandung diantaranya di bidang seni pern, seni rupa dan seni pertujukan. Salah satu wujud nyata perkembangan pesatnya industri seni adalah Bandung sebagai rumah sinetron. Industri seni rupa di Bandung juga mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Perkembangan industri keratif lainnya seperti industri fashion dan musik mendorong pertumbuhan industri seni rupa di Bandung. Industri kreatif di Bandung juga didukung oleh kalangan perguruan tinggi. Salah satu contoh akomodasi perguruan tinggi terhadap industri kreatif di bidang seni di Bandung adalah pagelaran pasar seni yang diselenggarakan oleh ITB.

Subsektor Musik

Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi barometer perkembangan industri musik di Indonesia. Pergembangan pesat industri kreatif di bidang musik di Bandung telah melahirkan musisi-musisi dan grup band terkenal. Musisi yang lahir di kota Bandung diantaranya Trio Bimbo, Royke B Jantiko dan Eko Jantiko, Yuti Launda, Marvelin Yohana Sentosa dan Nicky Astria. Sedangkan untuk group band asal Bandung yang terkenal diantaranya Peterpan, Gigi, Cokla dan Potret. Lingkungan dan budaya kota Bandung mendukung tumbuh suburnya industri kreatif di bidang musik.

Subsektor Desain

Desain menjadi salah satu bidang industri kreatif yang tumbuh subur di Bandung. Kota Bandung terkenal dengan kota mode. Pakian yang dihasilkan oleh kota Bandung terkenal unik dan menarik. Masyarakat Bandung sepertinya sudah sadar akan kandungan seni pada sebuah desain produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Subsektor Arsitektur

Selain melahirkan arsitek terkenal, bangunan di kota Bandung juga dapat menjadi obyek wisata arsitektur. Bangunan dan taman di kota Bandung sudah menjadi obyek wisata yang biasa dikunjungi wisatawan luar negeri maupun dalam negeri. Bangunan-bangunan yang menjadi obyek wisata di Bandung diantaranya Gedung Sate, Gedung Merdeka, Grand Hotel Panghegar dan baunguan-bangunan di kota lama. Perkembangan pesat industri arsitek di kota Bandung juga membuka peluang usaha jasa arsitek di kota Bandung.

Subsektor Teknologi Informasi

Bukan hanya pusat seni dan budaya, Bandung juga mempunyai potensi di bidang pengembangan teknologi. Industri kreatif di bidang IT juga berkembang pesat di Bandung. Kampus ITB yang menjadi bagian dari kota Bandung berpotensi sebagai tempat pengembangan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi. Pengembangan kreatifitas anak muda Bandung dengan pengetahuan teknologi yang dimilikinya menjadikan industri kreatif di bidang teknologi informasi berkembang pesat di kota Bandung.

Sumber: Persentasi Pemda Bandung dalam PPKI 2009


TAGS


-

Author

Follow Me