Mahator Unyil Kendaraan Niaga Mungil untuk Wilayah Pedesaan

27 Apr 2014

Kemampuan rancang bangun perusahaan-perusahaan industri kendaraan bermotor nasional khususnya perusahaan lokal yang mengusung merek-merek asli dalam negeri, kini semakin meningkat dan bervariasi. Berbagai jenis kendaraan bermotor yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu dan disesuaikan dengan kondisi medan (jalan) di daerah kini sudah banyak tersedia di pasar.

Mahator Unyil

Mahator Unyil

Salah satu dari sekian banyak perusahaan industri kendaraan bermotor nasional yang mampu mengembangkan dan memproduksi berbagai model dan desain produk kendaraan untuk kebutuhan tertentu itu adalah PT. Maha Era Motor (Mahator). Perusahaan asli Indonesia yang mengandalkan kemampuan rancang bangun putra-putri Indonesia itu kini mulai merambah ke produksi kendaraan bermotor roda empat kategori niaga.

Setelah berhasil merilis produk kendaraan minibus yang didesain untuk memenuhi kebutuhan alat transportasi di perkotaan, khususnya di wilayah permukiman, PT Maha Era Motor (Mahator) kembali memperkenalkan produk kendaraan niaga (pick-up) mini untuk memenuhi kebutuhan kendaraan komersial khususnya untuk angkutan hasil bumi di pedesaan atau untuk keperluan para pedagang kecil di perkotaan. Kendaraan niaga mungil itu diberi nama Mahator Unyil.

Menurut Direktur PT Mahator, Bambang Sungkono, kendaraan roda empat untuk keperluan niaga itu diberi nama Mahator Unyil karena ukurannya memang relatif lebih kecil dibandingkan dengan kendaraan pickup pada umumnya. Kita memang sengaja menghadirkan kendaraan pick-up tapi dengan ukuran yang lebih kecil dimana ukurannya sekitar 2/3 dari ukuran mobil pick-up Suzuki Carry. Itulah sebabnya kita namakan Unyil karena tokoh itu kan juga kecil, kata Bambang di sela-sela pameran produk industri unggulan berbasis teknologi tinggi di gedung Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta.

Kendaraan Niaga Pedesaan

Kendaraan Niaga Pedesaan

Bambang mengatakan kendaraan niaga kelas pick-up Mahator Unyil digerakkan oleh mesin berbahan bakar bensin satu silinder berkapasitas 250 cc dengan empat langkah torak (4 Tak). Namun demikian, Bambang mengaku ke depan kendaraan pick-up Mahator Unyil itu akan menggunakan mesin dengan kapasitas yang lebih besar, yaitu 650 cc.

Mengenai kandungan komponen dalam negeri, Bambang mengaku kendaraan pickup hasil rancang bangunnya itu kini sudah memiliki tingkat kandungan komponen lokal sebesar 60%. Beberapa kompenen Mahator Unyil yang sudah dibuat di dalam negeri diantaranya bodi, velek, ban, sistem transmisi dan lain-lain. Sedangkan untuk mesinnya sampai saat ini masih diimpor dari China.

Kendati demikian Bambang mengklaim PT Mahator sangat serius dalam menggarap proyek kendaraan niaga kelas pick-up berukuran mungil itu. Sampai saat ini Bambang mengaku sudah mengucurkan dana investasi lebih dari Rp 6 miliar untuk mengembangkan produk kendaraannya itu. Investasi sebesar itu antara lain digunakan untuk pengadaan mesin dan peralatan pembuatan komponen bodi di pabrik perakitannya yang berlokasi di Cikampek, Jawa Barat.

Kendaraan niaga kelas pick up buatan PT. Mahator itu menurut rencana akan dipasarkan di pasar dalam negeri dengan harga sekitar Rp 50 jutaan per unit. Harapannya dengan harga di sekitar Rp 50 jutaan itu akan banyak kalangan petani di pedesaan, pedagang kecil atau pengusaha kecil menengah lainnya yang tertarik untuk menggunakan mobil tersebut.

Mesin Mahator Unyil

Mesin Mahator Unyil

Selain memperkenalan mobil pick-up Mahator Unyil, PT Mahator belum lama ini kembali memperkenalkan jenis kendaraan lainnya, yaitu kendaraan off-road Mahator Karat yang dirancang khusus untuk daerah dengan kondisi medan dengan infrastruktur jalan yang masih minim seperti wilayah perkebunan dan pertambangan.

Bambang mengatakan mobil off-road Mahator Karat dilengkapi mesin bensin satu silinder berkapasitas 669 cc liquid cooled dengan sistem empat langkah torak (4 Tak). Dengan karekateristik mesin seperti itu mobil Mahator Karat sanggup menjalankan tugas menjelajahi wilayah pertambangan, perkebunan atau di kawasan pantai sekalipun. Sebab, mesin Mahator Karat mampu menghasilkan daya sebesar 25 kW pada 5.000 rpm dengan torsi49 Nm.

Menurut Bambang, keistimewaan lainnya dari mobil Mahator Karat adalah terdapatnya dua mode sistem penggerak, yaitu sistem penggerak dua roda (two wheel drive) dan sistem penggerak penggerak empat roda (four wheel drive). Dengan fasilitas tersebut seorang pengemudi bisa dengan mudah mengaktifkan sistem penggerak dua roda atau sistem penggerak empat roda. Tinggal tekan tombol yang ada di dashboard, maka sistem akan langsung menyesuaikan sistem penggerak roda seperti yang dibutuhkan pengemudi. Bambang mengatakan dengan berbagai keunggulan dan keistimewaan yang dimiliki kendaraan buatannya itu, PT Mahator berani memasang harga jual untuk mobil off-road Mahator Karat pada kisaran Rp 100 jutaan.

PT. Maha Era Motor

Jl. Hayam Wuruk 124 Maphar, Taman Sari, Jakarta 11160

Telp (021) 6395509

Fax (021) 6591713

Sumber : Majalah KINA


TAGS otomotif teknologi transportasi


-

Author

Follow Me